Senin, 13 Juli 2009

PRINSIP-PRINSIP PERSIAPAN MENGAJAR


Untuk membuat perencanaan yang baik dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang ideal, setiap guru harus mengetahui unsure-unsur perencanaan pembelajaran yang baik, antara lain mengidentifikasi kebutuhan siswa, tujuan yang hendak dicapai. Berbagai startegi dan scenario yang relevan digunakan untuk mencapai tujuan dan criteria evaluasi (Hunt,1999:24). Bersamaan dengan itu peran guru dalam mengembangkan strategi amat penting, karena aktivitas belajar siswa sangat dipengaruhi oleh sikap dan perilaku guru didalam kelas. Jika mereka antusias memperhatikan aktivitas dan kebutuhan-kebutuhan siswa, maka siswa- siswa tersebut akan mengembangkan aktivitas-aktivitas belajarnya dengan baik, antusias, giat, dan serius (Dede Rosyada, 2006:122).

Lebih lanjut, pengembangan persiapan mengajar harus memperhatikan minat perhatian peserta didik terhadap materi yang dijadikan bahan kajian. Dalam hal ini peran guru hanya sebagai transpormator, tetapi harus berperan sebagai motivator yang dapat membangkitkan gairah belajar, serta mendorong siswa untuk berbagai variasi media, dan sumber belajar yang sesuai serta menunjang pembentukan kompetensi. Berkenaan dengan hal tersebut mengemukakan beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam mengembangkan persiapan mengajar yaitu :

  1. Rumusan kompetensi dalam persiapan mengajar harus jelas, semakin konkrit kompetensi, semakin mudah diamati dan semakin tepat kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk membentuk kompetensi tersebut .
  2. Persiapan mengajar harus sederhana dan fleksibel serta dapat dilaksanakan dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi peserta didik.
  3. Kegiatan-kegiatan yang disusun dan dikembangkan dalam persiapan mengajar harus menunjang dan sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan.
  4. Persiapan mengajar yang dikenbangkan harus utuh dan menyeluruh, serta jelas pencapiannya.
  5. Harus ada koordinasi antara komponen pelaksanaan program sekolah, terutama apabila pembelajaran dilaksanakan secara team teaching atau moving class.

1 komentar: